site stats Kiat agar tidak terjerumus dalam riba | BMT UMY

Kiat agar tidak terjerumus dalam riba

//Kiat agar tidak terjerumus dalam riba

Kiat agar tidak terjerumus dalam riba

By | 2019-09-27T02:37:24+00:00 September 27th, 2019|riba|0 Comments

Riba adalah sesuatu yang bisa membahayakan dunia dan akhirat, jelas-jelas dikatakan dalam al-qurban bahwa allah mengharamkan riba dan menyuburkan sedekah. maka dari itu yuk jauhi riba dan perbanyak sedekah, insya Allah hidup makin berkah.

BMT UMY akan memberikan kiat kiat agar tidak terjerumus dalam riba, setidaknya kiat ini dapat membantu pemahaman anda agar terhindar radi bahaya riba.

Kiat Agar Tidak Terjerumus dalam Riba
.
1. Berilmu sebelum membeli
“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.” (‘Ali bin Abi Tholib)
.
2. Mengetahui bahaya riba
“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi)
.
3. Tidak bermudah-mudahan dalam berutang
“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah)
.
4. Memiliki sifat Qona’ah
“Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari dan Muslim)
.
5. Perbanyak do’a
“Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot, wa tarkal munkaroot” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan berbagai kebajikan dan meninggalkan berbagai kemungkaran) (HR. Tirmidzi)

Leave A Comment

WhatsApp Hubungi Kami