site stats cara Kredit tanpa riba untuk cicil rumah, beli mobil/motor | BMT UMY

cara Kredit tanpa riba untuk cicil rumah, beli mobil/motor

//cara Kredit tanpa riba untuk cicil rumah, beli mobil/motor

cara Kredit tanpa riba untuk cicil rumah, beli mobil/motor

By | 2020-09-14T14:20:02+07:00 September 14th, 2020|produk|0 Comments

Halo Sobat, pada postingan kali ini BMT UMY akan memberikan penjelasan tentang perbedaan jual beli dan riba, tentu banyak masyarakat yang belum tau perbedaan keduanya. Untuk kamu yang lagi mau kredit rumah, motor atau mobil dan lagi bimbang “bagaimana cara kredit rumah/motor/mobil yang gak riba? tentunya jika mau transaksi jual beli yang benar, di akadnya adalah transaksi jual beli.

Misalnya si A dan si B, si A mau ingin membeli mobil dan rumah,  datang kepada si B(individu/instansi) lalu berkata “saya mau beli mobil seharga 200 juta dan beli rumah seharga 1 miliar tapi saya gak punya uang, bisa kamu belikan buat saya?”. lalu si B berkata kepada si A “baik saya akan belikan mobil seharga 200 juta dan rumah seharga 1 miliar, tapi mobil dan rumah ini setelah saya beli akan saya jual kepadamu dengan harga 220 juta untuk mobil dan 1.2 miliar untuk rumah, kamu setuju gak transaksi jual beli? kalau saya sudah beli, saya akan jual dengan begitu, kamu mau?” lalu si A bilang “iya”. si B menjawab “boleh kamu membayar dicicil dalam 36 bulan”

dengan ilustrasi percakapan diatas tentunya transaksinya jual beli dengan harga dan besar cicilan yang sudah disepakati antara si A dan si B. Lalu bagaimana memahami dengan akad ribawi, akad ribawi yang tidak dibolehkan adalah pihak A mendatangi pihak B (individu/instansi) lalu di berkata “saya mau beli mobil 200 juta dan rumah 1 miliar, tapi saya tidak punya uang boleh kamu belikan??”. Lalu pihak B mengatakan “baik saya siap. semua akan saya lakukan dan saya beli”. Lalu dituliskan akad akadnya adalah, pihak B meminjamkan uang senilai 200 juta (bukan membelikan mobil) dan 1 miliar (bukan membelikan rumah), jadi hukumnya pinjaman, dan inilah yang dinamakan transaksi riba. yang perlu diingat adalah transaksi jual beli berbeda dengan riba.

nah bagaimana transaksi di BMT UMY, transaksi yang kami lakukan adalah jual beli Insya Allah syar’i tanpa riba. jadi kami memiliki barang tersebut sebelum kami jual kepada mitra/nasabah. BMT UMY melayani kredit tanpa riba untuk motor, mobil atau rumah yang bisa anda cicil setiap bulannya. info lebih lanjut bisa menghubungi kami di no 0895 1234 2111 atau kunjungi kantor BMT UMY

Leave A Comment

WhatsApp Hubungi Kami