site stats Doa ketika Hujan Turun | BMT UMY

Doa ketika Hujan Turun

//Doa ketika Hujan Turun

Doa ketika Hujan Turun

By | 2020-01-07T06:50:02+07:00 January 7th, 2020|amalan|0 Comments

Ada beberapa orang yang menganggap hujan adalah sebuah musibah tapi ada juga yang menganggap hujan adalah sebuah anugerah. perlu di luruskan bahwa hujan sesungguhnya adalah nikmat yang baru saja Allah ciptakan, bayangkan jika sebuah daerah tidak dilanda hujan maka akan muncul kekeringan, maka bersyukur adalah cara terbaik dalam menikmati ciptaan allah

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Perlu diketahui bahwa hujan adalah waktu yang terbaik/mustajab dalam berdoa, terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

semoga kita menjadi pribadi yang senantiasa dan tanpa henti hentinya bersyukur atas nikmat Allah subhanahu wa ta’ala

Leave A Comment

WhatsApp Hubungi Kami